Monday, July 16, 2012

Enerji

Alam ini dipenuhi dengan berbagai enerji, baik yang sudah dikenali maupun yang belum dikenali seperti dark matter, dark energy, higgs field, higgs bosson dan lain2. Setiap hari kita selalu berhubungan dengan enerji, baik disadari atau tidak. Melangkah itu sudah menggunakan enerji, begitu juga menggunakan lampu, laptop, komputer, TV dan lain2.

Jika spesies kasat mata saja ada yang primitif dan ada yang cerdas, tidak menutup kemungkinan enerji juga ada yang primitif dan ada yang cerdas. Orang boleh saja menyebat enerji yang cerdas itu sebagai enerji illahiyah, enerji astral, enerji ruh, enerji suci atau apapun namanya... apalah arti sebuah nama, yang penting tahu apa esensi yang dibahas di balik nama itu. 


Karena kita tahu darimana asalnya enerji itu bermula, tentu saja kita tidak mungkin membuat klaim bahwa lampu itu bisa nyala karena kemampuan kita mengolah enerji, atau membuat klaim mobil itu bisa berjalan karena olah enerji kita.

Untuk hal2 yang metafisika, karena tidak tahu enerjinya itu berasal dari mana, maka banyak sekali yang membuat klaim bahwa dengan melakukan olah enerji begini begitu maka dia memperoleh kesaktian yang membuatnya bisa mengobati orang lain, bisa menebak masa depan, bisa melihat masa lalu, bisa mewujud menjadi multi sosok, bisa menghilang, bisa kebal peluru dan lain sebagainya. 

Tentu saja membuat klaim2 semacam itu sah2 saja, karena membuat pernyataan yang paling gampang adalah membuat pernyataan yang tidak bisa dibuktikan. 


Sayangnya, kenapa mereka2 itu tidak pernah mencari alternatif pemikiran yang lain, seperti misalnya dengan olah tubuh atau laku diri tertentu, maka ada enerji2 lain yang bisa terakses secara otomatis, layaknya seperti kita menggunakan palu untuk memukul paku.


Jika kita bisa melihat bakteri dengan menggunakaan mikroskop electron, tidak menutup kemungkinan kita juga bisa melihat isinya piramida hanya dengan menggunakan bantuan enerji lain. Yang perlu dipahami adalah adanya bantuan enerji lain itu, bukan ujug2 mak gedebug lalu manusia punya enerji yang sangat dahsyat dan bisa menjadi sakti. Tapi jangan lupa, bantuan enerji lain itu pasti akan minta imbalan. Tidak ada yang gratis di alam ini karena semua punya kepentingan masing2.. bahkan matahari bersinar itu juga punya kepentingan, yaitu mengeluarkan enerjinya agar tidak meledak karena mampat dengan tekanan yang semakin membesar.


Jadi, tidak ada satupun yang pasti tentang enerji2 yang belum diketahui secara ilmiah oleh manusia. Yang ada hanyalah tebakan2, persepsi, dan imajinasi. Bisa benar dan bisa salah. Yang jelas tidak mungkin benar total.

No comments:

Post a Comment