Saturday, July 7, 2012

Higgs Bosson

Sudah diketahui bahwa alam ini dibentuk oleh empat buah gaya (force) yaitu :
  1. Gravity - Yang mengikat semua massa di alam ini menjadi satu kesatuan
  2. Electromagnetic - gaya tarik menarik antara partikel yang diberi muatan. Contohnya adalah lsitrik, magnet dan cahaya
  3. The Strong Force - Gaya tarik menarik antara neutron dan proton
  4. Weak Force - Gaya yang menyebabkan Beta decay (konversi dari neutron ke proton, electron dan antineutrino) dan beberapa partikel lainnya
Sampai saat ini para ilmuwan masih bertanya2, bagaimana sebuah materi bisa memiliki massa. 

Professor Peter Ware Higgs kemudian membuat sebuah teori bahwa pada awalnya (tepat setelah bigbang), semua partikel itu tidak memiliki massa. Beberapa nanodetik kemudian, partikel2 itu bisa memiliki massa karena melakukan interaksi dengan sebuah field (ruang) yang disebut Higgs Field. Higgs Field ini berisi quanta yang disebut Higgs Bosson dan quanta ini meliputi semua Higgs Field sampai tidak ada celah apapun yang tersisa. Interaksi Higgs Bosson dengan partikel yang berbeda2 akan menghasilkan massa yang berbeda2 pula. 

Para ilmuwan sepakat dengan teori ini sehingga akhirnya mereka membuat instalasi LHC untuk membuktikan keberadaan Higgs Bosson tersebut.

Setelah Higgs Bosson terbukti, maka quantum physics telah mau selangkah lagi dan setidak2nya telah memiliki bekal pengetahuan bahwa massa sebuah partikel bisa dihilangkan asalkan Higgs Bosson bisa dilepaskan dari partikel itu. Ini akan membawa implikasi yang luar biasa jika sudah masuk ke dalam lingkungan riset, karena nantinya manusia bisa membentuk anti-gravity object yang bisa terbang kemanapun tanpa gangguan gravitasi dan ini bisa menjadi cikal bakal sebuah perjalanan lintas galaksi. 

Video di bawah ini cukup menjelaskan apa yang disebut dengan Higgs Bosson itu. 



No comments:

Post a Comment