Friday, July 20, 2012

The Runaway Train Problem

Ada sebuah kereta api yang sedang melintas menjelang percabangan rel. Penjaga wesel rel yang berada pada gedung sejauh 1 kilometer dari percabangan itu melihat bahwa di jalur setelah tikungan yang seharusnya dilalui oleh kereta api itu ada 5 orang yang sedang tidur di tengah rel. Di jalur satunya lagi, jalur yang sudah lama tidak digunakan dan sudah dipasang pengumuman bahwa jalur itu tertutup, ada satu orang yang sedang tidur di tengah rel juga. Dua percabangan itu akhirnya akan menjadi satu kembali karena jalur yang tidak digunakan itu tadinya adalah jalur yang melewati stasiun yang lama. 

Si penjaga wesel kebingungan. Dia mencoba memilih apakah kereta dibiarkan lewat jalur yang seharusnya dengan resiko ada 5 orang tertabrak kereta api, atau jalur kereta api dipindahkan ke jalur yang sudah tidak terpakai dengan resiko ada 1 orang yang tertabrak kereta api.


Salah satu acuan moralitas adalah membuat nyaman orang lain sebanyak mungkin. Satu satu acuan lainnya adalah tidak mengorbankan orang yang tidak bersalah. 


Jika anda berada pada posisi penjaga wesel itu, pilihan rel mana yang akan anda buka dan sertakan alasannya. Di sini tidak akan dipilih mana jawaban yang benar atau salah karena hanya menggali apa sudut pandang anda terhadap kasus ini.

1 comment:

  1. Bingung juga...
    Kalau diharuskan memilih diantara dua, saya pilih yang melewati jalan satu orang.

    Alasannya, karena masinis pasti lihat bahwa ada kejanggalan mengapa harus lewat jalur yang tidak seharusnya dipakai.

    ReplyDelete