Tuesday, August 21, 2012

Matter dan Anti Matter

Pada mulanya..... ada trilyunan matter dan triyunan matter di sebuah ruang antah berantah. Matter dan anti matter itu memliki muatan (charge) yang berlawanan, sehingga pertemuan antara keduanya akan saling meniadakan. 

Ndilalahnya, pada waktu trilyunan matter dan anti matter itu bertemu, ada sisa kelebihan satu buah matter... ya hanya ada sisa satu buah matter. Satu buah matter sisa inilah yang akhirnya membentuk jagad raya yang luasnya ngaudzubillah ini. 

Apakah ini hanya sebuah kebetulan? Sayangnya saya tidak percaya adanya kebetulan. Menurut saya kebetulan itu hanyalah sebuah keteraturan tingkat tinggi dan spektakuler yang tidak pernah mampu kita rumuskan dengan model matematis apapun. Kata "kebetulan" itu digunakan hanya sebagai pelarian dari ketidakmampuan kita mencari jawaban atas fenomena2 yang ada.

Begitu juga kalimat "ada yang mengatur" itu juga berperan sebagai pelarian dari ketidakmampuan kita mencari jawaban atas fenomena2 yang ada. Mengatur itu pengertiannya adalah coordinate, arrange atau govern, ada dulu baru diatur. Ini biasa dilakukan oleh level manusia yang memiliki keterbatasan dalam perencanaan dari awal. Yang benar adalah predefined design, sudah ditentukan dari awal. Dan itu bisa saja predefined milyaran tahun yang lalu. 

Biasanya akan muncul pertanyaan, apa atau siapa yang membuat predefined itu. Jika apa2 yang sudah predefined saja kita hanya tahu sebagian kecilnya saja, maka kata tanya "apa", "siapa" dan "bagaimana" itu tidak perlu dimunculkan lagi. Cukup kembali pada idom WYTIWYG (What You Think Is What You Get).




No comments:

Post a Comment