Friday, August 31, 2012

Tentang Judgement

Di group2 yang bau2 spiritual sering dikatakan jangan pernah menilai atau menghakimi orang lain. Kesannya kalau sudah mampu tidak menilai dan menghakimi orang lain maka dia dianggap sebagai orang yang tercerahkan. Ini adalah pendapat yang salah besar. Penilaian dan penghakiman itu tetap diperlukan dalam kehidupan ini.

Contohnya, untuk naik golongan itu diperlukan penilaian dari atasannya, bahkan kalau sudah sampai jabatan level atas malah diperlukan fit and proper test.


Begitu juga penghakiman. Kalau kita melihat ada pengendara mobil yang membuang sampah sembarangan itu juga layak untuk diberi label sebagai manusia yang tidak bersih lingkungan. 


Jadi sebetulnya quote yang benar adalah "Lakukan penilaian dan penghakiman sesuai pada porsinya." Kehidupan ini bukanlah sesuatu yang hitam putih dan parameternya jelas teridentifikasi. Banyak kejadian2 atau fakta2 yang benar2 di luar nalar dan di luar perkiraan orang. Terlalu absurd jika menganggap hidup ini hanya seperti rumus yang tinggal diisi saja parameternya maka akan diperoleh hasil sesuai dengan rumusan tadi.

No comments:

Post a Comment