Saturday, December 22, 2012

By Design atau By Chance?

Konsep terbentuknya alam ini terdiri dari dua jenis yaitu :

1. By Design (sudah terdisain sejak awal) 

Konsep ini menyebutkan bahwa setiap entitas di alam ini sudah direncanakan sejak awal sehingga proses evolusinya akan mengikuti design awal tadi. Konsep ini diimani oleh kaum theis dan oleh kaum yang menyetujui adanya intelligence design, temasuk diantaranya adalah kaum agnostik.

2. By Chance (secara kebetulan, tidak terdisain sejak awal) 

Konsep ini menyebutkan bahwa setiap entitas di alam ini terjadi secara random dan secara kebetulan. Sama sekali tidak ada perencanaan awal sehingga proses evolusinya akan tergantung pada kondisi entitas itu sendiri dan kondisi lingkungannya. Konsep ini diimani oleh kaum ateis dan diimani juga oleh sebagian kaum agnostik.

Secara definisi terlihat bahwa kedua konsep ini berbeda, tetapi pada dasarnya kedua konsep ini sama saja. Untuk membuktikan persamaan dari kedua konsep itu, saya ambilkan contoh sebuah kaca tipis dan sepotong logam tipis. Dua benda itu saya lemparkan ke atas dan saya tunggu jatuhnya di mana. Lokasi jatuhnya masing2 benda itu murni by chance, bisa jatuh di mana saja dan sulit untuk bisa dihitung secara akurat. Tetapi bagaimana efek benturan benda2 itu terhadap lantai sudah bisa saya prediksikan sejak awal. Saya tahu persis bahwa kaca kalau jatuh ke lantai pasti pecah, dan saya tahu persis kalau logam jatuh ke lantai hanya mengalami sedikit deformasi. 

Mengapa dua benda itu bisa memberikan pola yang berbeda jika terkena benturan keras? Karena kaca dan logam itu memiliki properties (atau atribut) yang berbeda. Properties ini sudah ada sejak Bigbang bahkan mungkin sudah ada sejak alam ini terbentuk. Artinya, properties setiap partikel, atom, materi dan enerji yang ada di alam ini sudah ada sejak awal, dengan kata lain properties semua entitas itu sudah predefined (atau predesigned).


Jika semua entitas sudah memiliki properties-nya masing2, maka setiap compound (rangkaian, gabungan) dari entitas2 itu bisa dipastikan juga memiliki properties yang sudah predesigned. Jadi mau mengalami berbagai perlakuan apapun secara random seperti yang terjadi pada kasus2 by chance, properties dari setiap entitas itulah yang akan muncul, bekerja dan memberikan hasil. Artinya semua entitas itu selalu berperan by design. Sama sekali tidak pernah ada entitas yang berperan by chance. 


Hal inilah yang menjelaskan mengapa bisa muncul complexity dalam sebuah sel hidup yang konon hanya berasal dari materi2 non-organic yang terkena loncatan listrik intensitas tinggi. Jika properties itu tidak pernah ada sebelumnya, jangan pernah berharap bisa terbentuk single living cell atau genome yang mampu bekerja seperti sebuah pabrik miniatur dalam ukuran nano seperti yang ada dalam video terlampir (Leukocyte Extravasation).


Dari uraian tersebut bisa dismpulkan bahwa kedua konsep itu sebetulnya sama saja. Herannya masih banyak para ilmuwan yang selalu berselisih pendapat tentang by design atau by chance. Kelihatannya di lingkungan para ilmuwan pun juga terjadi perseteruan terselubung antara ilmuwan ateis dengan ilmuwan teis. :)



1 comment:

  1. INFOTUYULMESIR: tuyul ini sangat kecil ukurannya,kira-kira tingginya 5cm-6cm,tuyul ini dapat dilihat dengan mata terbuka Jika (NAMA) sudah Memberikan Minyak khusu bagi anda yang ingin Kontrak atau ingin Beli tuyul.
    orang lain tidak dapat melihatnya. Bagaimana merawatnya..?? Sangat mudah ,tuyul ini sangat canggih & tidak merepotkan, tuyul ini tidak suka netek pada ibu-ibu, tuyul kepunyaan mbah hanya perlu 1 buah kamar khusus tempat tuyul bermain & istirahat serta butuh KUNYIT DAN SUSU BIASA yang sering Diminum anak-anak, seperti SUSU CAP BENDERA, anda tidak usah takut atau repot, karena Kunyit banyak Dijual di pasar-pasar terdekat di kota anda, itupun hanya diberikan jika si tuyul akan bertugas mencuri uang/perhiasan, tuyul ini sangat setia dengan majikannya. Berapa harganya..?? khusus untuk tuyul biasa mbah patok harga yaitu 1,7MILIAR, dan jangan Khwatir, karena ada sistem ngontrak, Hanya 5Jt/ tahun, dan Bisa menghasilkan uang sekitar 20jt/Hari. Tuyul Mesir pintar sama seperti tuyul lainnya, tetapi terdapat perbedaan yaitu Memiliki Pakean yang Bagus dan topi yang kayak seperti Jin dan Jun, atau Tuyul dan Mbak Tuyul ,selain itu Tuyul Mesir dapat berlari lebih kencang daripada tuyul biasa, lebih pintar mencuri uang/perhiasan, oleh karena itu disebut tuyul spesial, kenapa begitu..?? karena banyak Paranormal atau para ahli hikmah mengakui sulit untuk menangkap TUYUL MESIR karena lari’nya cepat seperti kilat, hanya segelintir dukun sakti saja yang bisa menangkapnya, itupun harus menggunakan ilmu khusus yang sudah sangat langkah.
    SISTEM KONTRAK DARI KAMI :
    1.SISTEM KONTRAK TUYUL BIASA : Rp 15Jt DALAM WAKTU1
    TAHUN
    SISTEM KONTRAK TUYUL SPESIAL:Rp 25 Jt DALAM WAKTU 1 TAHUN
    &PENGHASILAN BISA MENCAPAI ATAU BAHKAN LEBIH 20Jt DALAM 1 HARI.
    2 SISTEM BELI: HARGA 1,7 MILIAR
    HANYA SEHARGA 1,7 MILIAR
    Anda dapat memesan tuyul biasa atau tuyul MESIR silahkanTLP :
    082-369-439-555>>>>>KLIK DISINI PESUGIHAN TAMPA TUMBAL<<<<<
    KY ARIF
    anda juga biasa dapatkan angka goib yang akurat tembus 100%dan pasti jebol.
    info selengkapnya silahkan ANDA Hub:bliau

    ReplyDelete