Monday, January 7, 2013

Knowledge / Pengetahuan

Sumber pengetahuan itu ada beberapa yaitu :

1. Dari referensi, buku dan literatur.
2. Dari pengamatan sendiri melalui indera.
3. Dari katanya orang lain (termasuk bisik2 tetangga).
4. Dari idea atau hasil pemikiran.
5. Dari genetika.
6. Dari sumber lain yang perlu dikonfirmasi kebenarannya.

Yang dari referensi, buku dan literatur sudah cukup jelas, tidak perlu diperjelas lagi.

Yang dari pengamatan sendiri melalui indera, itu bisa dari penglihatan, pendengaran, rasa di lidah, rasa di kulit atau bau di hidung. Bisa juga dari hasil eksperimen di lab atau non-lab.

Yang dari katanya orang lain ini adalah pengetahuan yang kita peroleh dari ngobrol2 dengan orang lain di warung kopi, tidak sengaja mendengarkan percakapan orang lain atau dibisiki tetangga.

Kalau dari idea atau pemikiran ini biasanya dilakukan oleh para pemikir. Contohnya misalkan kalau hujan deras para pengendara sepeda motor akan membungkus kakinya dengan kantong kresek. Ini pasti berawal dari idea seseorang entah siapa itu, dan kemudian orang lain menirunya.

Yang dari genetika bisa kita amati misalnya pada seekor kuda yang baru lahir. Kuda itu otomatis bisa mulai berjalan setelah dilahirkan. Darimana otomatisasi itu bisa muncul? Tentunya dari genetika karena sampai saat ini belum ada bukti bahwa mamanya kuda mengajari dan membisiki anaknya untuk berjalan.

Yang terakhir adalah dari sumber lain yang perlu dikonfirmasi kebenarannya. Contohnya misalkan mendeteksi cincin yang hilang dengan menggunakan bantuan khodam, jin, tuyul, dhemit, gendruwo dan lain2. Itupun kalau ngga meleset deteksinya. Termasuk juga pengetahuan yang konon diperoleh dari alien.

Dari enam sumber pengetahuan itu yang dijamin kebenarannya adalah yang nomor lima, dari genetika. Yang nomor satu tidak selalu benar karena banyak juga orang2 yang menulis secara nggedabrus, jadi kalau sudah ada tulisan dan referensinya jangan selalu dianggap benar.

Begitu juga dengan pengamatan dari indera tidak selalu benar. Contohnya misalkan anda mendengar desiran angin dari daun yang beradu tetapi merasa seolah2 ada ninja yang sedang mengendap2 menyibakkan ranting2 pohon dalam rangka menyerang anda. (*inspired by Kho Ping Hoo*)

Kesimpulannya, hati2 dengan pengetahuan anda, tidak ada jaminan bahwa semua pengetahuan anda pasti benar. Yang penting anda menyadari bahwa di dunia ini ada disinformation yang menggunakan pengetahuan untuk membuat anda menjadi tidak lebih tahu dan bahkan menjadi tidak tahu sama sekali.

No comments:

Post a Comment