Friday, March 1, 2013

Berbagi Tanpa Menghakimi

Tukang becak mengatakan, "Walaupun pekerjaan saya ini berat, tetapi hanya ini yang bisa saya lakukan pada saat ini. Minimal badan saya bisa tetap sehat dan selalu terkena matahari".

Sang Direktur mengatakan, "Jangan bercita2 jadi kuli panggul. Jadilah orang yang bekerja dengan otak, bukan dengan fisik. Work smart not hard."

Sang Imam mengatakan, "Jadilah orang yang beriman kepada tuhan. Dunia ini hanyalah senda gurau belaka."

Sang Pelacur mengatakan, "Walaupun pekerjaan saya ini hina dina, tetapi saya mampu menyekolahkan anak saya dan berharap agar mereka menjadi pandai dan tidak seperti saya." 

Moral of the story:
Setiap orang memiliki takdirnya masing2. Jangan pernah memberikan penilaian buruk terhadap orang lain, atau menginginkan mereka berubah menjadi begini begitu. Bagikanlah apa yang bisa kita bagikan kepada orang lain, entah itu berupa pemahaman, logika, pengetahuan, harta ataupun hanya sekedar motivasi. Ada beberapa kelebihan2 kita yang bagi orang lain masih berupa cita2 dan menjadi pengisi doa mereka setiap malam.

Jangan pernah berharap orang lain akan seperti kita karena dengan demikian kita telah berasumsi bahwa kitalah yang terbaik diantara mereka. Itu adalah bagian dari ego yang kadang2 sangat sulit untuk disadari.

Mari berbagi tanpa memberi penilaian buruk!

No comments:

Post a Comment