Sunday, August 25, 2013

Nama, noun (English), nōmen (Latin), ónoma (Ancient Greek)

Nama adalah sebuah kata ganti yang mewakili sebuah benda nyata atau imajiner, dimana nama itu digunakan untuk memudahkan komunikasi. Dalam pelajaran bahasa Indonesia disebutkan bahwa noun itu adalah "kata benda". Ini ajaran yang salah. Noun adalah kata nama, tidak harus benda. Contohnya, udara, pikiran, penglihatan, kemampuan, malaikat, dan tuhan itu bukanlah kata benda tetapi kata nama.

Jika disebutkan nama "planet", maka imajinasi kita akan melayang kepada benda masif yang bulat, besar dan melayang2 di alam semesta ini. Nama selalu berhubungan dengan imajinasi terhadap apa yang diwakili oleh nama itu. Hasil penelitian neurosains membuktikan bahwa otak kita menyimpan data lebih banyak dalam bentuk gambar / video, dibandingkan dalam bentuk teks. Contohnya nama "planet" itu disimpan dalam bentuk gambar dari planet2 yang pernah kita lihat (dari teropong atau dari gambar), dan setelah disimpan maka data gambar itu diberi label "planet".

Dengan adanya nama itu tentu sangat memudahkan komunikasi. Bayangkan jika anda melakukan komunikasi tanpa menggunakan nama apapun, misalnya ingin menceritakan sebuah pesawat terbang yang menjatuhkan bom ke sebuah jembatan yang ada di dekat sebuah desa. Anda harus terlebih dahulu menjelaskan apa yang disebut dengan "pesawat terbang", "bom", "jembatan" dan "desa". Pembicaraan yang harusnya satu jam sudah selesai mungkin bisa tiga hari tiga malam baru selesai.

Pada bentuk dasarnya, nama itu selalu bersifat generik / umum. Nama "pesawat terbang" itu untuk menggantikan semua benda melayang yang memiliki sayap dan terbang karena digerakkan oleh mesin. Pesawat terbang sendiri bisa bermacam2, misalnya "Pesawat terbang Dash-8", "Pesawat terbang Boeing 747" dll. Tambahan keterangan pada nama itu untuk memberikan detail yang lebih spesifik terhadap nama generik tadi.

Sekarang kita ambil contoh nama "air". Air itu ada dimana2, uncountables noun (benda yang tidak dapat dihitung), dan unlimited (tidak terbatas). Perlu dibedakan antara uncountables dengan uncalculated. Air tidak bisa dihitung karena yang disebut menghitung itu adalah menghitung jumlahnya, bukan luasnya atau volumenya. Walaupun air tidak bisa dihitung jumlahnya, tetapi air bisa dihitung volumenya. Perhitungan volume ini disebut calculation, bukan counting. Makanya kita perlu berhati2 dalam menggunakan bahasa Indonesia karena "counted" dan "calculated" itu hanya memilki satu terjemahan dalam bahasa Indonesia yaitu "dihitung".

Apakah yang disebut "air" itu memiliki batas? Tentu saja tidak. Yang memiliki batas adalah air yang berada pada tempat yang dijelaskan secara spesifik. Air di "bak mandi anda" dianggap air yang memiliki batas dan berbeda dengan air yang ada di "bak mandi saya". begitu juga air di "gelas anda" dan di "gelas saya". Tambahan kata keterangan membuat air menjadi memiliki batas.

Kita lanjutkan lagi ke nama "ruang (space)". Dengan cara yang sama seperti penjelasan pada "air", maka ruang itu juga ada di mana2, uncountables noun (benda yang tidak dapat dihitung), dan unlimited (tidak terbatas). Semua benda2 yang pernah kita kenal selama ini, sebut saja bumi, daratan, lautan, planet, galaksi, nebula, dll itu selalu berisi ruang yang interconnected. 90% lebih dari benda2 itu selalu berisi ruang karena dalam sebuah atom itu ada ruang sekitar 90% lebih.

Ruang itu selalu tanpa batas (unlimited). Jika kita memberikan keterangan tambahan, maka ruang itu bisa menjadi memiliki batas, seperti contoh air tadi. Contoh ruang yang telah diberi batas adalah ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga, ruang kantor dll. Ruang tamu itupun masih generik, karena masih bisa dipecah lagi menjadi ruang tamu rumah anda dan ruang tamu rumah orang lain.

Kalau kita sudah memahami bagaimana sebuah kata nama dibentuk, maka pemahaman kita tentang berbagai hal di alam ini menjadi lebih mudah. Contohnya, jangan pernah menyebutkan bahwa ruang itu mengada karena adanya batas, karena batas itu hanya dapat mengubah ruang menjadi sub-ruang yang lebih spesifik, tidak pernah mengubah definisi asli dari ruang itu sendiri.

No comments:

Post a Comment