Saturday, September 7, 2013

VITRIOL

Vitriol adalah akronim dari Visita Interiora Terrae Rectificando Invenies Occultum Lapidem (Visit the Innermost of the Earth and by Rectifying you will find the Hidden Stone). Carilah sampai ke dalam bumi, dengan perkuatan tertentu anda akan menemukan batu tersembunyi itu.

Ini adalah motto dari kaum Alchemist, sekumpulan orang yang berusaha untuk mengubah materi biasa menjadi emas/perak, dan mengembangkan elixir of life. Motto ini berkaitan dengan Christian Rosenkreuz, pendiri dari Rosicrucian Order (Order of the Rose Cross). Christian sendiri adalah seorang doktor yang mempelajari dan menemukan berbagai kebijakan esoteris dalam pendakian spiritual di lingkungan para master dari Turki, Arab dan Persia, konon juga meliputi para sufi dan Zoroastrian master. Christian membuat sebuah kuil yang bernama Sanctus Spiritus (The House of the Holy Spirit).

Perjalanan orang2 semacam Christian ini sarat dengan hal2 yang berbau occultism dan supranatural. Mirip2 dengan dongeng Harry Potter.

Hal semacam itu meninggalkan dua pertanyaan bagi kita:

  1. Apakah mereka itu terlalu bodoh sehingga mencari dan mempercayai hal2 yang berbau accultism dan supranatural dan menjalankannya sampai beratus2 tahun? 
  2. Ataukah kita yang terlalu bodoh sehingga tidak pernah bisa tahu apa yang diperoleh dan dialami oleh golongan mereka itu? 
Ingatkah anda dengan Isaac Newton? Dia adalah The World's Most Famous Alchemist.

No comments:

Post a Comment