Tuesday, July 15, 2014

9 Kenyataan Yang Akan Anda hadapi Setelah Mati


Sumber: http://www.the-open-mind.com/9-things-you-realize-after-you-die/

Apa yang tercantum pada link tersebut di atas adalah fiksi. Kisah dari seseorang yang mendapatkan kabar dari saudaranya yang sudah meninggal.

Anda boleh percaya fiksi itu atau tidak, tetapi ada butir2 falsafah hidup yang bisa diambil dari kisah itu, diantaranya adalah:

Apapun yang anda alami dalam kehidupan ini, bukanlah karma atas kehidupan di masa lalu. Coba hilangkan pencarian kambing hitam atas apa yang terjadi dalam hidup anda. Semua yang anda butuhkan sebetulnya sudah tersedia dalam diri anda.

Anda memiliki kebebasan penuh untuk menilai kehidupan ini. Anda bisa menjadi orang yang penuh judgement atau pengkambinghitaman, tetapi anda juga bisa menjadi orang yang pengasih dan penyayang dan bisa memaafkan semua penyebab yang berakibat buruk pada diri anda, termasuk juga penyebab apapun yang terjadi di dunia ini. Anda bisa mengisi hidup ini dengan cinta kasih dan itu adalah satu2nya modal yang bisa membawa kebaikan pada kehidupan anda berikutnya.

Anda tidak akan mati membawa harta, membawa amal atau membawa pujian. Yang anda bawa mati adalah mindset anda. Mindset yang penuh cinta kasih jelas akan jauh lebih baik daripada mindset yang penuh kecurigaan, penuh ketakutan, dan penuh prasangka. Berprasangkalah baik kepada diri anda, kepada sanak saudara anda, kepada orang lain dan kepada tuhan anda. Prasangka baik ini menunjukkan sampai seberapa besar level cinta kasih anda kepada sesama.

Jreng....

1 comment: